Sihim dan Mandaisi

Assalammualaikum
Kali ini aku mau berbagi cerita tentang makanan nih. Tepatnya adalah buah rotan. Aku baru tau sekarang ini nih tau kalo buah yang satu ini bisa dimakan. Biasanya kan kita ngenal rotannya itu biasa dibuat perabot gitu. Eh tapi ada juga sih yang jadiin batang rotan yang muda itu buat makanan. Biasanya adanya waktu bulan puasa nih di Medan, tapi ampe sekarang aku juga belum pernah nyoba sih, baru denger ceritanya doank hihihi....

Baiklah... mari kita kembali ke cerita buah rotannya oke...
Jadi ceritanya sekarang kan di kontrakanku ada teman yang bersuku Mandailing nih sekarang. Terus kemarin itu dia dapet kiriman dari mamanya di kampung. Awalnya kaget itu buah imut yang mirip ama buah salak bisa dimakan. Mereka nyebutnya Sihim. Mamanya sih ngirim dua macam, buah rotan alaminya sama yang udah dijadiin manisan. Tapi kalo aku bilang sih bukan manisan ituuu.... tapi pedesan *sumpah baru gigit sekali aku udah nyari air.... Tau sendiri donk, orang Mandailing kan hobi banget sama semua yang pedas-pedas. Udah gitu tuh manisan sihimnya kan udah pedes gitu ya, eh... sama si temen dicocol pake sambel lagi.  Ya ampuuun.... nggak kebayang aku gimana pedesnya. Oia mereka yang dari Mandailing itu suka banget makan sesuatu itu dicocol ama sambel. Ampe ada istilahnya gitu loh. Istilahnya itu Mandaisi. Nah kata mereka nih sihim tanpa sambel itu nggak lengkap rasanya. 

Sihim yang mentah itu rasanya aseeeeeeeeem plus kelat gitu. Pertama gigit agak mirip rambe sih asemnya, belakangan baru muncul kelatnya. Ada rasa pahitnya dikit juga kadang-kadang. Yang udah dijadiin manisan ya kurang lebih sama lah rasanya, tapi asamnya udah agak berkurang *plus pedas pastinya... Nah kalo ke daerah Mandailing jangan lupa minta dicariin panganan ini ya sama saudara atau teman yang kalian kunjungi.


Ini buah rotan yang mentahnya





Ini manisannya



Blog Archive